Monday, February 18, 2013

GombalGembel

Sudah beberapa bulan terakhir ini saya punya hobi baru. Hobi yang biasanya dikerjakan oleh kaum Adam dalam merayu kaum Hawa, yaitu gombal. Kalo kata KBBI sih gombal itu artinya omong kosong atau omongan yang tidak benar. Tapi gombal itu nggak selalu-selalu-selalu buat omong kosong, terkadang beneran kok, cuma kata 'hahaha' selalu diletakan setelahnya. Di realitanya, kalo mau liat yang gombalannya beneran tulus dan nggak dibuat-buat itu.... ya liat aja sorotan matanya. Mata nggak bisa boong, kan? :)

Tiap orang punya cara yang berbeda dalam menghadapi serangan gombalan. Selama saya menjalani hobi ini, beragam respon saya terima. Mulai dari ngegombalin balik, kegirangan, malu-malu, salah tingkah, atau malah pahitnya, langsung bilang, "Najis.". But never mind! Respon orang memang berbeda, tapi selama masih ada yang terhibur, kenapa harus memikirkan yang 'keganggu'? :)

Tujuan gombal apa sih? Ya cuma untuk bercanda aja kok. Buat mencairkan suasana yang udah kaku kayak kanebo kering. Inspirasi gombal pertama kali itu didapat dari lawakan, "Bapak kamu....." yang biasa kita lihat di salah satu televisi swasta. Sungguh, menurut saya orang yang suka menggombal itu pintar lho, asalkan gombalan mereka nggak mengandung SARA atau nyerempet-nyerempet ke fisik. Orang yang suka bercanda dengan melemparkan gombalan-gombalan itu bisaaa aja merangkai kata-kata dalam waktu yang sangat cepat, spontanitas tanpa skrip! Terlebih kalau yang mendengar bercandaannya itu bisa tertawa, karena emang lucu dan berbobot. Kasih nilai plus plus deh!

Kalo saya udah skakmat karena nggak bisa gombalin balik, biasanya kata yang sering saya keluarkan itu, "Aaaa ga kuat :')". Setidaknya kalimat itu masih lebih bikin orang yang ngegombalin merasa dihargai dibanding, "Terus gue harus bilang wooow, getttoooh?". Aduh pelis itu abegeh banget. Pernah tau kan rasanya pengen ngelelepin orang ke dasar laut? :))

Yuk, jangan cemberut terus. Angkat kedua ujung mulutnya ke atas. Senyum!

No comments: