Saturday, November 8, 2008

historia of XI SCIENCE 2 - smale - 2008-2009 part 1

sebuah kelas (uups, ini bukan kelas, tapi lebih pantas disebut dengan aula yang dibagi menjadi 2 kelas) yang terletak di sebelah kantin di sma negeri 54 jakarta, dekat kamar mandi laki", punya pemimpin yang bernama Novi Arista serta anak buahnya yang berjumlah 39 orang dan punya wali kelas namanya pak Nasihin alias si mr. Rottring yang kerjaannya nyuru anak" bikin proyeksi dan stereometri dengan menggunakan rottring 0,2 atau 0,4 atau 0,6 . dengan kumisnya yang tebal, sepertinya beliau ingin mendidik anak"nya menjadi disiplin (kata guru seninya anak ips) ataupun menjadi arsitek . bila memberikan nilai, beliau tak segan" untuk memberikan nilai min (-) .
anda tahu kan apa yang ada di benak anak" ipa setelah melihat nilai mereka ?

oke, kita kembali ke topik .
kelas ini dihuni oleh anak" yang mungkin bisa dibilang memiliki otak encer (yaiyalah, kalo bego mana bisa masuk ipa :D, kecuali saya, ya mengingat latar belakang saya adalah anak yang masuk ipa melalui test) . anak" di kelas ini juga terlampau rajin, karena saat akan ulangan mereka belajar dan yang ngebet juga cuma sedikit, ya karena mereka punya kesadaran kalau masuk ipa harus mengubah kelakuan ..
tapi jangan kira anak ipa itu selalu berkacamata tebal dan selalu membawa buku" pelajaran yang berbau rumus fisika kimia maupun matematika, karena anggapan itu salah besar !
di XI IPA 2, nggak satupun manusia berwujud itu ada .
mereka layaknya manusia biasa, yang di tangannya lebih sering memegang hp dan mp3 daripada buku (haha, anak sekarang udah jarang kali yang masih berkutik dengan buku ..) . lalu apakah bacaan mereka ?
komik dan novel menjadi bacaan yang lebih menarik ;D
anak" di kelas ini juga mempunyai hobi yang khas, yaitu memesan makanan dan minuman di kantin lewat jendela sebelah kanan (mengingat kantin di smale tidak berbentuk seperti ruangan, melainkan di alam terbuka alias belakang sekolah yang beratapkan seng) .
oia, tahukah anda jam pelajaran apakah kesukaan anak" di kelas ini ?
jam pelajaran PM, alias Pendalaman Materi, karena di jam ini, mereka bisa sarapan atau bersantai" ria, ataupun mengerjakan tugas lain . sementara itu gurunya hanya seperti kambing congek yang bingung apa yang harus ia lakukan, mengingat anak"nya tidak ada yang memperhatikannya . sungguh malang nasib guru P.M yang mengajar di kelas ini .
tapi ada satu guru P.M yang aneh . namanya itu berinisial 'H', parasnya seperti orang India . yang aneh dari dirinya, saat masuk ke kelas, tak ada yang ia lakukan, hanya bengong, mondar mandir, sampai jam pelajaran berakhir . hanya dengan melakukan hal itu, dia bisa mendapat gaji ! yaampun .. ini sudah tahun ke 2 dia mendapatkan gaji buta tersebut .

berhubung kelas ini dekat dengan kantin, ada saja fenomena" yang menggelitik, tapi menakutkan jika saya sendiri yang mengalaminya .
di saat jam pelajaran, ada saja murid sekolah ini yang berkeliaran di kantin .
lalu, dari arah belakang, muncul guru matematika berinisial B.M. , keturunan bataknese sambil membawa penggaris kesayangannya . seketika, semua murid yang ada di kantin lari terbirit" mencari tempat persembunyian yang aman dari kejaran monster . lalu saya mendengar guru tersebut berteriak" sambil marah" . sudah saya duga, beliau sedang tidak ada kerjaan, oleh sebab itu beliau berpatroli di kantin . banyak oknum siswa yang tidak menyukai keberadaan guru tersebut, sampai seorang siswa membuat grup di friendster yang bernama "M******* haterz" .
tetapi alumni" di sekolah ini tentu saja akan mencekal keberadaan grup ini, khususnya alumni kelas ipa, karena dengan segala kegalakan yang diterapkan pak B.M, mereka menjadi siswa yang cerdas dan disiplin .
oh ya, tahukah anda mengapa pak B.M bisa tidak ada kerjaan hingga bisa berpatroli di kantin ?
itu karena seorang guru PPL bernama kak Wiji sedang menggantikan posisinya sebagai guru matematika .
kak Wiji itu memiliki otak yang sangat jenius . dia adalah lulusan sekolah ini tahun berapa saya lupa dan pernah menjadi ketua OSIS .
yang saya tak suka dari dirinya adalah dia suka membanggakan dirinya . saya tahu itu maksudnya untuk memotivasi anak", tapi kalau dibicarakan terus menerus kan juga nggak enak !
seperti contohnya begini,
"kalian tau nggak, di soal kalian itu ada yang bisa kalian kerjakan selama 10 detik !"
(busett dah 10 detik apa, kejang" gini ngerjainnya !)
ataupun begini,
"dulu kelas saya 31 anggota osis dan ekskur, 9 sisanya yang tidak mengikuti apa apa . lalu jika gurunya baru akan mengajar bab 3, kami sudah belajar sampai bab 10 . sampai sampai gurunya bingung harus mengajar apalagi ."
(jah, otaknya keenceran tuh !)
dan jika dia sudah selesai mengerjakan suatu soal di papan tulis, dia akan bilang,
"SELESAIIII !"
otomatis anak-anak akan termangap dan bilang, "gilaa ya gitu doang ! semena-mena banget ni orang !"
huah begitulah kak Wiji . jenius tapi selalu tersenyum licik . selain itu dia sering memberikan soal" Olympiade Matematika maupun Soal SPMB .
(kejang" mode : on)

*to be continue ..

No comments: